Wednesday, January 11, 2012

Topologi Jaringan Komputer

Topologi adalah suatu aturan/rules bagaimana menghubungkan komputer (node) satu sama lain secara fisik dan pola hubungan antara komponen-komponen yang berkomunikasi melalui media/peralatan jaringan, seperti : server, workstation, hub/switch, dan pengabelannya (media transmisi data). Ketika kita memutuskan untuk memilih suatu topologi maka kita perlu mengikuti beberapa spesifikasi tertentu.

Ada dua jenis topologi, yaitu physical topology (topologi fisik) dan logical topology (topologi logika). Topologi fisik berkaitan dengan layout atau bentuk jaringan, seperti bagaimana memilih perangkat dan melakukan instalasi perangkat jaringan. Sedangkan topologi logika berkaitan dengan bagaimana data mengalir di dalam topologi fisik. Jika topologi fisik bagaikan tubuh, maka topologi logika dapat diibaratkan seperti darah yang mengalir dalam tubuh.

Topologi (fisik) komputer dapat juga digunakan untuk mempermudah memahami jaringan komputer. Terdapat lima topologi utama untuk membangun LAN, yaitu:
 
                                        image taken from random googling

Ada beberapa buku yang mengelompokkan topologi berdasarkan jumlah komputer yang menggunakan media transmisi data. Berdasarkan ketentuan tersebut maka topologi jaringan dapat dibagi menjadi dua, yaitu:
  • Point to Point (P2P)
  • Multipoint
Topologi Point to Point hanya melibatkan dua buah komputer saja. Misalkan dua buah komputer yang berkomunikasi via kabel null modem atau laplink atau infra merah merupakan contoh lain topologi ini. Karena media transmisi data hanya digunakan oleh dua buah komputer maka umumnya metode akses dan protokol yang digunakan relatif sederhana. Sedangkan pada topologi multipoint, melibatknan lebih dari dua komputer. Inilah yang lazim disebut sebagai topologi jaringan sebagaimana yang banyak dikenal orang.

Reference: Buku Membangun Jaringan Komputer, Iwan Sofana, Informatika Bandung

No comments:

Post a Comment