Saturday, December 17, 2011

Komunikasi Data [pendahuluan]

                                                                                                            pict: goleoo.com


Di era tahun 70-an dan 80-an telah bergabung bidang ilmu komputer dan komunikasi data yang secara besar-besaran menjadi teknologi, produk dan perusahaan-perusahaan yang sekarang mengkombinasikan dengan komunikasi komputer. Perkembangan tersebut memungkinkan terjadinya pengaksesan sumber-sumber informasi dan data secara virtual (maya) dari seluruh dunia dengan lebih mudah dan universal.

MODEL KOMUNIKASI
Kegunaan dasar dari sistem komunikasi adalah menjalankan pertukaran data antara dua pihak. Contoh sederhananya yaitu pertukaran sinyal-sinyal suara antara dua telepon pada satu jaringan yang sama. Elemen-elemen utama dalam pertukaran tersebut adalah:
  • Source (sumber)
  • Transmitter (pengirim)
  • Transmission System (sistem transmisi)
  • Receiver (penerima)
  • Destination (tujuan)

JARINGAN KOMUNIKASI DATA
Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network umumnya mencakup area geografis yang luas sekali, melintasi jalan umum, dan perlu juga menggunakan fasilitas umum. Biasanya, suatu WAN terdiri dari sejumlah node penghubung. Suatu transmisi dari suatu perangkat darahkan melalui node-node atau persimpangan-persimpangan internal ini menuju tujuan yang dituju. Node-node ini tidak berkaitan dengan isi data, melainkan dimaksudkan sebagai fasilitas switching yang akan memindah data dari satu node ke node yang lain sampai mencapai tujuan.
Biasanya WAN diimplementasikan menggunakan satu dari dua teknologi berikut:
  1. Circuit Switching
  2. Packet Switching
Local Area Network (LAN)
Sama halnya dengan WAN, LAN merupakan suatu jaringan komunikasi yang saling menghubungkan berbagai jenis perangkat dan menyediakan pertukaran data di antara perangkat-perangkat tersebut.
Biasanya, LAN menggunakan pendekatan jaringan broadcast lebih daripada pendekatan switching. Dengan broadcast communication network, tidak ada node-node penengah. Pada masing-masing station, terdapat sebuah transmitter/receiver yang menghubungkan media dengan station lain. Sebuah transmisi dari satu station disiarkan dan diterima oleh semua station-station lain. Data biasanya ditransmisikan dalam bentuk packet.

Perbedaan LAN dan WAN
Beberapa perbedaan utama antara LAN dan WAN yaitu:
  • Lingkup LAN kecil. Biasanya meliputi bangunan tunggal atau sekelompok gedung.
  • Merupakan hal yang umum di mana LAN dimiliki oleh suatu organisasi yang sama yang juga menguasai semua peralatan. Sedangkan untuk WAN, hanya untuk beberapa kasus tertentu saja.
  • Tingkat kecepatan data internet LAN biasanya lebihh besar daripada tingkat kecepatan data WAN.
Reference: Buku Komunikasi Data dan Komputer, William Stallings, Salemba Teknika

No comments:

Post a Comment