Sunday, December 11, 2011

Prinsip-prinsip Elektronika [Pendahuluan]




                           pict: awp1st.net

TIGA JENIS RUMUS
Definisi adalah sebuah rumus yang ditemukan untuk sebuah konsep baru. Definisi diperoleh berdasarkan pengamatan ilmiah. Hukum adalah relasi yang ada dalam alam. Hukum dianggap benar apabila dapat diuji melalui sebuah percobaan. Penurunan adalah formula yang dihasilkan secara matematis [kita dapatkan dari rumus-rumus yang lain].

PENDEKATAN
Pendekatan digunakan secara luas dalam industri. Pendekatan ideal berguna untuk troubleshooting, biasanya kita gunakan rangkaian ekuivalen sederhana dari suatu rangkaian. Pendekatan kedua berguna untuk perhitungan awal rangkaian dengan menambahkan satu atau lebih komponen terhadap pendekatan ideal. Pendekatan yang lebih tinggi digunakan dengan komputer [pendekatan ketiga].

SUMBER TEGANGAN
Sumber tegangan ideal tidak memiliki hambatan dalam [menghasilkan tegangan besar yang konstan]. Pendekatan kedua dari suatu sumber tegangan memiliki hambatan dalam yang diseri dengan sumber. Sumber tegangan kaku didefinisikan sebagai sumber tegangan yang memiliki hambatan dalam lebih kecil dari 1% hambatan.

SUMBER ARUS
Sumber arus ideal memiliki hambatan dalam tidak terhingga [menghasilkan arus beban yang konstan untuk berbagai hambatan sumber]. Pendekatan kedua dari suatu sumber arus memiliki hambatan dalam besar yang dipararel dengan sumber. Sumber arus kaku didefinisikan sebagai sumber arus yang memiliki hambatan dalam lebih dari 100 kali hambatan beban, dengan begitu kita dapat mengabaikan hambatan sumber.

TEOREMA THEVENIN
Tegangan Thevenin didefinisikan sebagai tegangan pada beban terbuka. Hambatan Thevenin didefinisikan sebagai hambatan yang diukur dengan beban terbuka dan sumber dibuat nol. Thevenin membuktikan bahwa rangkaian ekuivalen Thevenin akan menghasilkan arus beban yang sama dengan rangkaian yang lain dengan sumber dan hambatan yang linier.

TEOREMA NORTON
Hambatan Norton sama dengan Hambatan Thevenin. Arus Norton sama dengan arus beban saat beban dihubung singkat. Norton membuktikan bahwa rangkaian ekuivalen Norton akan menghasilkan tegangan yang sama dengan rangkaian lain dengan sumber dan hambatan linier. Arus Norton sama dengan tegangan Thevenin dibagi dengan hambatan Thevenin.

TROUBLESHOOTING
Troubleshooting  adalah mencari penyebab rangkaian yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Masalah yang sering terjadi adalah hubungan singkat, hubung buka dan masalah intermittent. Hubungan singkat selalu memiliki tegangan nol, arus yang melalui untai hubung singkat harus dihitung dengan memeriksa bagian rangkaian yang lain. Hubung buka selalu memiliki arus nol; tegangan pada untai hubung buka harus dihitung dengan memeriksa bagian rangkaian yang lain. Intermittent merupakan masalah yang menyebabkan rangkaian terkadang "on" lagi atau terkadang "off" lagi dimana dibutuhkan kesabaran-kesabaran dan troubleshooting logis untuk mengisolasinya.  

Reference: Buku Prinsip-Prinsip Elektronika, Albert Paul Malvino PH.D. E.E, Salemba Teknika

No comments:

Post a Comment