Monday, December 19, 2011

Teori Dioda


IDE DASAR
Dioda merupakan piranti non linier karena grafik arus terhadap tegangan bukan berupa garis lurus. Tegangan pada saat arus mulai naik secara cepat disebut tegangan kaki [knee voltage] dari dioda, besarnya sekitar 0,7 V pada dioda silikon. Setelah tegangan penghalang terlampaui yang menghalangi arus adalah hambatan ohmic daerah p dan n. Jumlah dari hambatan ohmic disebut dengan hambatan bulk dioda. Dioda memiliki arus maju maksimum dan rating daya. Arus maju maksimum merupakan salah satu batas maksimum yang diberikan pada lembar data. Rating daya merupakan daya maksimum yang dapat dilepas secara aman tanpa memperpendek usia dioda atau merusak sifat-sifat dioda tersebut.

DIODA IDEAL
Dioda ideal merupakan pendekatan pertama dari sebuah dioda. Rangkaian ekivalennya adalah sebuah saklar yang menutup jika terbias majukan dan terbuka jika terbias balikan.
PENDEKATAN KEDUA
Pendekatan kedua digunakan saat kita menginginkan nilai yang lebih akurat untuk arus dan tegangan beban. Pada pendekatan ini, kita memvisuialisasikan dioda silikon sebagai saklar yang terhubung seri dengan tegangan knee 0,7 V. Jika tegangan Thevenin yang berhadapan dengan dioda dari 0,7 V, saklar menutup.
PENDEKATAN KETIGA
Kita jarang menggunakan pendekatan ini karena nilai hambatan bulk cukup kecil untuk diabaikan. Pada pendekatan ini, kita memvisualisasikan dioda sebagai sebuah saklar yang terhubung seri dengan tegangan knee dan sebuah hambatan bulk.
TROUBLESHOOTING
Masalah-masalah yang ada pada dioda dapat ditunjukkan dengan:
  • hambatan yang sangat rendah untuk kedua arah [dioda terhubung singkat]
  • hambatan yang tinggi untuk kedua arah [dioda terhubung buka]
  • hambatan yang agak rendah pada arah balik [dioda bocor]

ANALISIS RANGKAIAN UP-DOWN
Tidak ada perhitungan yang perlu untuk analisis ini. Yang kita cari adalah naik, turun atau tidak ada perubahan. Jika Anda tahu sebelumnya  bagaimana sebuah variabel dipenden harus mengetahui perubahan yang terjadi pada variabel indipeden, maka Anda akan lebih besar dalam dalam menganalisis, merancang dan memecahkan masalah.

MEMBACA LEMBAR DATA
Lembar data berguna bagi perancang rangkaian dan mungkin berguna pula bagi teknisi perbaikan untuk memilih komponen pengganti yang kadangkala diperlukan. Lembar data dioda dari pembuat yang berbeda mengandung informasi yang sama, tetapi menggunakan simbol yang berbeda untuk menandai kondisi operasi yang berbeda. Lembar data dioda mungkin memiliki daftar berikut: tegangan breakdown (Vg, Vggm, Vrwm, PIV, PRV, BV), arus maju maksimum (If, Io) jatuh tegangan maju (Vf) dan arus balik maksimum (Ir, Irrm)

Reference: Buku Prinsip-Prinsip Elektronika, Albert Paul Malvino PH.D. E.E, Salemba Teknika

No comments:

Post a Comment